Inilah 10 Makanan Penyebab Perut Buncit

Faktafood – Perut buncit adalah istilah untuk menggambarkan lemak berlebih yang terdapat di perut. Perut yang membuncit tidak memberi manfaat apapun pada kesehatan tubuh. Sebagian besar perut buncit merupakan dampak dari berat badan yang berlebih, tapi ada juga penyebab lain, yaitu otot perut yang lemah, postur tubuh yang buruk, stres, kelebihan hormon dan faktor makanan yang kita makan.

Tanpa disadari kalau di hadapan kita ada makanan yang lezat inginnya langsung menyantapnya tanpa mempedulikan apakah makanan makanan yang kita santap tersebut nantinya membuat perut menjadi buncit. Makanan-makanan yang mungkin saja tidak menyehatkan karena mengandung lemak tidak baik dan menghasilkan timbunan lemak di perut tersebut juga bisa mendatangkan beberapa penyakit. 
Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penyebab perut buncit:
kentang
1.Gorengan

Makanan gorengan dengan  menggunakan minyak yang banyak sangat tinggi kandungan lemaknya, sering mengkonsumsi makanan ini akan membuat tubuh kita makin melar. Makanan yang digoreng dapat memperlambat proses pencernaan sehingga membuat lemak menumpuk di dalam tubuh. Bila tidak ingin perut buncit, sebaiknya konsumsi lemak baik yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak ini bekerja melawan lemak visceral abdominal (lemak perut). Beberapa sumber dari asam lemak tak jenuh tunggal adalah minyak zaitun, minyak biji rami, minyak canola, minyak safflower, minyak kedelai, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti kenari, kacang pinus, pistachio, panggang biji labu dan biji bunga matahari), zaitun, alpukat dan dark chocolate.

keju

2. Keju
Kandungan lemak yang terdapat dalam produk susu ini cukup banyak dan agak sulit untuk dicerna. Apabila mengkonsumsi secara berlebihan, tubuhpun agak mengalami kesulitan untuk mencerna keju.
3. Produk roti.
Banyak jenis roti sebagai pilihan menu makanan. Produk roti yang di buat dengan menggunakan tepung roti putih sebagai bahan dasarnya sebaiknya harus dihindari. Campuran bahan-bahan lain seperti gula atau pati yang ditambahkan ke roti akan berperan dalam membentuk lemak perut Anda.
6. Karbohidrat putih.
Karbohidrat putih ini bisa berasal dalam nasi putih, makanan pasta, atau roti putih. Karena indeks glikemiknya sangat tinggi, hal ini akan membuat tubuh kita juga makin gemuk.
7. Lemak.
Berhati hatilah dalam mengkonsumsi makanan yang berlemak karena ada jenis lemak baik dan lemak tidak baik untuk kesehatan. Pilihlah jenis makanan yang mengandung lemak baik dan hindarilah lemak buruk. Lemak baik ini bisa di temukan pada ikan, atau dari daging ayam tanpa kulit dan cara memasaknya  dengan cara ditumis atau direbus. Sedangkan makanan yang ber lemak buruk di bisa di temukan pada makanan yang digoreng hingga kering.
8. Makanan olahan.
Makanan olahan mengandung zat kalori yang tinggi dan hampir tidak ada kandungan nutrisi sama sekali. Satu penelitian juga telah menyebutkan apabila mengkonsumsi makanan olahan dikaitkan dengan risiko depresi.

daging

9. Daging olahan.
Kalau tidak ingin memiliki perut buncit hindari juga makanan dari daging olahan. Makanan ini bisa di temukan pada daging asap, sosis atau hot dog. Selain dapat membuat perut semakin membuncit, juga akan meningkatkan kolesterol serta tekanan darah akan naik.
10. Polong-polongan
Polong-polongan seperti kacang merah, kacang hijau, buncis, kacang panjang atau legume sebenarnya kaya akan seat dan protein yang baik bagi tubuh. Tapi juga mengandung oligosaccharide, jenis gula yang sulit dicerna tubuh. Ketika gula ini sampai ke usus besar, akan memproduksi gas yang membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman. Jika ingin mengonsumsi polong atau biji-bijian, sebaiknya direndam dulu dalam air semalaman untuk mengurangi kadar oligosaccharide tanpa menghilangkan nutrisinya.
makanan pedas
11. Makanan Pedas
Penyuka makanan pedas mungkin tidak suka dengan fakta ini. Tapi makanan pedas dan banyak bumbu adalah ‘musuh’ bagi perut jika Anda punya masalah dengan pencernaan. Makanan pedas bisa membuat dinding esofagus luka dan iritasi, membuat ulu hati dan jantung merasakan sensasi panas setelah menyantapnya. Selain itu makanan pedas juga memicu produksi gas di dalam perut.

Makanan-makanan di atas tidak harus dihindari sepenuhnya, asalkan kita bisa mengurangi konsumsi makanan tersebut. Demi kesehatan, sangat penting juga untuk memperhatikan asupan makanan yang di konsumsi sehari hari. Jaga kesehatan dan jaga bentuk tubuh yang indah dari perut buncit! 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *