10 Tips Jitu Mengontrol Kolesterol

Bagaimana tingkat kolesterol anda? Sudahkah terkontrol dengan baik? Jika anda mengabaikan dan tidak mengontrol secara berkala, ubahlah pola kebiasaan itu. Dalam tubuh terdapat lemak yang terdiri dari kolesterol jahat yang biasa disebut LDL (Low Density Lipoprotein), dimana lemak ini dapat menempel pada pembuluh darah. Sedangkan kolesterol baik yang dikenal dengan HDL (High Density Lipoprotein) merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan LDL dalam tubuh. Kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Orang yang kurus tidak berarti kolesterolnya rendah. Hal ini juga dapat menimpa orang-orang yang masih muda. Berbagai kalangan umur, harus berusaha menjalani pola hidup yang sehat agar dapat menjaga kolesterol dalam darahnya tetap normal.

Kali ini FaktaFood akan membahas cara untuk menurunkan kolesterol yang telah banyak diuji dan dibuktikan. Bahkan, dengan sedikit mengubah gaya hidup dan, jika perlu, mengonsumsi obat anjuran dokter, dapat mengalami penurunan kolesterol yang signifikan dalam waktu enam minggu. Berikut tips yang dapat kami berikan untuk mengontrol kolesterol Anda:

1.Tetapkan Target

Anda harus tahu jumlah kolesterol yang harus anda turunkan. Itu tergantung pada beberapa faktor, termasuk riwayat pribadi dan keluarga anda dari penyakit jantung. Selain itu, apakah anda memiliki faktor risiko kardiovaskular, seperti obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, dan merokok.

kolesterol 5

2. Pertimbangkan Obat

Modifikasi gaya hidup masuk akal bagi siapa pun dengan kolesterol tinggi. Tetapi jika risiko kardiovaskular anda tinggi, anda juga mungkin perlu untuk menggunakan obat penurun kolesterol. Beberapa jenis obat penurun kolesterol yang tersedia, termasuk niacin, resin asam empedu, dan fibrat. Tetapi kebanyakan orang lebih memilih statin.

3. Banyak Bergerak

Selain menurunkan LDL kolesterol “buruk”, aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan HDL kolesterol “baik” hingga 10%. Manfaat datang bahkandari sekedar olahraga ringan, seperti jalan cepat. Yang paling penting adalah lakukan olahraga tersebut secara teratur.

4. Hindari Lemak Jenuh

Para dokter mengatakan bahwa kunci untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan mengurangi konsumsi telur dan makanan kaya kolesterol lainnya. Mereka merekomendasikan mengganti minyak canola atau minyak zaitun untuk minyak sayur, mentega, margarin, lemak babi. Selain itu perlu untuk sementara mengurangi makan daging dengan makan lebih banyak ikan.

kolesterol 1

5. Makan Lebih Banyak Serat

Buah-buahan dan sayuran, termasuk biji-bijian, merupakan sumber yang baik tidak hanya bagi jantung serta antioksidan, tetapi juga dapat menjadi makanan penurun kolesterol. Serat larut, khususnya, dapat membantu menurunkan kolesterol.. Sumber yang baik dari serat larut meliputi kacang kering, gandum, dan barley, serta produk serat yang mengandung psyllium.

6. Hindari Memakai Minyak Bekas

Minyak yang digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol, maka ada baiknya anda mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.

kolesterol 2

7. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan merupakan salah satu cara terbaik untuk mengontrol kolesterol secara alami. Turunkan berat badan diikuti dengan melakukan pola makan yang sehat. Kurangi minum kopi, makanan cepat saji, dan mulai mengonsumsi makanan alami yang mengandung banyak antioksidan. Tambah porsi sayuran hijau dan buah pada diet anda. Anda akan melihat banyak perbedaan pada berat badan dan kolesterol hanya dalam beberapa hari.

8. Bawang Putih

Bawang putih dan keluarga bawang lain seperti bawang merah dan bawang bombay bisa menjadi sahabat Anda untuk mengontrol kolesterol dan menjaga kesehatan jantung. Gunakan bawang dalam masakan atau salad Anda. Bawang putih adalah yang terbaik untuk mengontrol tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

kolesterol 3

9. Jangan Merokok

Merokok sudah jelas sangat merugikan untuk kesehatan. Merokok tak hanya merusak paru-paru dan jantung, tetapi juga bisa meningkatkan kolesterol Anda. Jika ingin hidup sehat dan terhindar dari banyak penyakit, termasuk kolesterol yang terlalu tinggi, hentikan kebiasaan merokok.

10. Kacang

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, legume, atau biji-bijian seperti gandum utuh juga sangat baik untuk mengontrol tingkat kolesterol. Makanan ini bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik pada tubuh yang kemudian mengurangi kolesterol jahat. Menambahkan berbagai jenis kacang-kacangan pada masakan tanpa memprosesnya terlebih dahulu juga bisa dilakukan untuk menjaga tingkat kolesterol.

Buktikan tips tersebut untuk mengurangi tingkat kolesterol jahat dan mengontrolnya secara berkala. Cara tersebut merupakan cara yang mudah dan murah dilakukan. Ketika melakukannya secara tak langsung anda juga akan menerapkan pola hidup yang lebih sehat disamping mengontrol kolesterol anda.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *