5 Tips Simple Memulai Bisnis Makanan

Bagi orang yang suka memasak, membuka bisnis makanan adalah cara yang tepat untuk dapat menggabungkan hobi dengan bisnis. Tapi, untuk dapat memulai bisnis menjual makanan, anda membutuhkan lebih dari sekedar bisa memasak. Kemampuan untuk membuat makanan yang lezat tidak menjamin sebuah keberhasilan dalam membuat usaha. Mengetahui cara membuat makanan dan dapat mengelola bisnis anda adalah dua hal yang berbeda.

Dengan menjamurnya industri makanan, maka bisnis ini pun bukan tanpa hambatan dan kesulitan. Persaingan semakin ketat dan untuk bertahan kita harus memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh usaha makanan lain. Pada dasarnya, bisnis makanan ini melibatkan segala bidang seperti pengadaan peralatan dan bahan mentah, kontrol kualitas, inovasi menu, strategi harga dan banyak lagi yang lainnya.

Jika sudah menguasai dalam proses produksi masakan ataupun makanan ringan, maka kini saatnya memahami bagaimana caranya untuk mengubahnya menjadi lahan pendapatan. Berikut kami berikan tips bagi Anda yang berniat membuka usaha makanan :

Tips 1

Tentukan apa jenis makanan yang anda ingin anda jual serta bagaimana anda akan menjualnya. Berbagai pilihan bisnis yang berhubungan dengan makanan meliputi katering, jasa pengiriman makanan dan roti.  Pilih salah satu dari hal tersebut diatas untuk anda tekuni.

Selain itu, sebelum memulai usaha, sebaiknya anda melakukan survei terlebih dahulu tentang menu yang beredar di pasar. Lalu, pilihlah menu yang belum banyak dijual di sana guna mengurangi tingkat persaingan. Namun pilihan menu tersebut harus disesuaikan dengan target pasar atau konsumen.

bisnis 3

Tips 2

Buatlah suatu business plan (rencana bisnis) yang spesifik tentang bisnis anda, termasuk item yang akan anda jual, dan bagaimana serta kepada siapa hidangan itu akan dijual (target pasar Anda).  Menyesuaikan jenis usaha dengan target pasar merupakan salah satu kunci sukses menjalankan usaha makanan dan minuman. Walaupun Anda menawarkan harga murah meriah, tapi tidak sesuai dengan selera konsumen ini bisa menjadi kendala. Jangan lupa rencanakan keuangan anda dengan baik supaya dapat menjadi pengontrol anda saat usaha sudah benar-benar berjalan.

Tips 3

Pilih lokasi usaha yang dikunjungi atau dilewati banyak orang. Pada saat menentukan lokasi usaha juga harus memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan. Jangan sampai modal anda terkuras hanya untuk menyewa atau membeli tempat usaha. Sejumlah lokasi usaha makanan yang strategis antara lain di sekitar sekolah atau kampus, kawasan perkantoran, lingkungan pasar dan mal, perumahan, dan tempat wisata.

Tips 4

Memiliki pemasok tetap yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya sangat dianjurkan guna kelancaran proses produksi. Disamping untuk mendapatkan harga yang relatif murah, Anda bisa diprioritaskan bila suatu saat bahan baku yang Anda butuhkan langka di pasaran. Usahakan memiliki lebih dari satu pemasok sebagai alternatif bila pemasok yang satu tidak bisa menyediakan permintaan.

Selain itu, anda akan membutuhkan sumber daya manusia dalam pelaksanaan bisnis anda. Idealnya, karyawan terbagi ke dalam kelompok tukang masak, pelayan, dan kasir. Tapi, bila usaha anda tergolong kecil, seorang asisten yang dapat mempermudah anda sudah lebih dari cukup bagi anda.

bisnis 1

Tips 5

Promosi words of mouth ( dari mulut ke mulut) hingga saat ini tetap menjadi andalan promosi usaha Anda ke banyak orang. Ini berhasil jika Anda bisa memuaskan konsumen dan nantinya mereka pun bisa menjadi pelanggan setia. Dari pelanggan setia ini lah cerita tentang keunggulan usaha Anda akan menyebar ke publik.

Namun, bila ada memiliki dana lebih, tak ada salahnya mempromosikan usaha lewat media, seperti spanduk, papan nama, pamflet atau leaflet. Jangan lupa promosikan bisnis lewat internet, di era digital seperti sekarang, promosi ini akan sangat efektif.

 

Tips-tips tersebut di atas mungkin bisa jadi masukan untuk Anda yang tertarik untuk membuka usaha makanan. Mungkin Anda juga perlu membuat ijin usaha seperti membuat P-IRT, sertifikat halal atau izin gangguan di daerah setempat. Sekarang, saatnya menentukan  menu makanan atau minuman apa yang akan Anda pilih. Anda tidak akan pernah tahu hasilnya sebelum mencobanya. Jangan sia-siakan setiap peluang yang terbuka di depan mata.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *