Awas! Ternyata 9 Makanan Ini Tidak Sehat Jika Dipanaskan Ulang

Menu makan di rumah sering tidak habis dalam sekali waktu. Melihat makanan tidak habis tentunya akan sangat sayang jika dibuang. Inilah yang kemudian membuat Anda menyimpan berbagai hidangan makan yang tidak habis itu, kemudian dipanaskan untuk dimakan berikutnya. Tapi amankah makanan yang sudah dipanaskan dikonsumsi lagi? Hati-hati, 9 makanan dibawah ini lebih baik habis dalam sekali makan atau tidak sampai dipanaskan lagi.

1. Bayam

bayem
Bayam adalah sayuran yang mengandung nitrat. Apabila dipanaskan, nitrat akan berubah menjadi racun. jadi makanan ini tidak  boleh dipanaskan lagi selain itu disarankan untuk membuang bahan makanan ini jika mereka terdapat dalam makanan lain yang akan Anda panaskan.

2. Seledri 

seledri

Seledri merupakan sajuran yang juga mengandung nitrat, jadi sangat berbahaya jika dipanaskan berulang ulang.

3. Daging Sapi

daging

Daging sapi kaya protein dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun nutrisi tersebut akan hilang jika olahan daging dipanaskan berulang-ulang.

4. Gorengan

gorengan

Gorengan merupakan makanan yang tidak sehat dengan jumlah kalori dan minyak yang sangat banyak. Gorengan akan menjadi jauh lebih berbahaya jika dipanaskan berulang ulang dan akan membahayakan bagi kesehatan.

5. Jamur

jamur

Bukan hanya tidak baik apabila dipanaskan berulang ulang, jamur harus dimakan habis tak lama setelah dimasak. Bahkan sesaat setelah dipotong, mutu protein dalam jamur dapat menurun dan tidak baik bagi perut.

6. Telur

telur susu

Telur sangat beresiko jiko dipanaskan kembali. Paparan suhu yang tinggi jika mengenai telur berulang kali akan menjadikannya sangat beracun dan tidak baik untuk sistem pencernaan. Terlebih untuk telur yang diolah dengan direbus atau dimasak dalam keadaan bulat yang bagian kuning telurnya tetap utuh di dalam.

7. Kentang

kentang

Pada suhu hangat, bakteri botulism dapat berkembang pada kentang, misal sesaat setelah Anda memasaknya. Kentang juga tak bagus jika dipanaskan ulang. Kandungan nutrisi dan gizi nya akan menguap jika dihangatkan kembali. Bahkan dapat berpotensi menjadi racun jika dilakukan pemanasan secara berulang-ulang. Lebih baik dimakan segera setelah kentang masak atau dalam keadaan dinginpun tak masalah.

8. Nasi

nasi aron

Pada nasi yang belum dimasak terdapat jamur yang dapat menyebabkan makanan menjadi beracun. Lalu saat nasi dimasak, jamur tersebut tidak berbahaya lagi. Namun saat Anda membiarkan nasi yang sudah matang dalam suhu ruangan, jamur akan menyebar lagi, sehingga menghasilkan racun yang berbahaya bagi pencernaan, termasuk diare. Memanaskan nasi lagi tidak akan mampu membunuh racun tersebut.

9. Ayam

ayam goreng

Sama halnya dengan daging sapi, komposisi protein pada ayam matang yang didinginkan akan berubah saat ayam tersebut dipanaskan ulang. Hal ini akan menimbulkan masalah pada pencernaan Anda. Jika Anda ingin memanaskan ayam, pastikan memasaknya dengan benar-benar matang.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *