9 Tips Memasak Nasi yang Lebih Enak

Nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia dengan karbohidrat tinggi. Meskipun saat ini mulai banyak masyarakat yang beralih ke sumber karbohidrat lain dengan alasan pertimbangan kesehatan, namun nasi tetap menjadi pilihan utama makanan pokok masyarakat Indonesia. Di pasaran banyak dijual berbagai macam beras. Secara umum beras dibedakan antara beras pulen, sedang, dan pera. Hasil masakan dari beras pulen adalah empuk , agak lengket, dan gurih. Sebaliknya nasi pera rasanya lebih hambar dan keras. Sebagai makanan sehari-hari, kita akrab dengan nasi. Kadang nasi terasa lebih enak jika aromanya harum secara alami. Misalnya saja saat Anda makan lalapan di warung sunda atau masakan padang, ada aroma khas nasi yang membuat selera makan bertambah.

Anda juga bisa memasak nasi yang lebih enak dan harum alami dengan bahan-bahan alam yang aman dan tidak membahayakan kesehatan. Dijamin, dengan aroma yang wangi ini, nasi jadi terasa lebih enak dan membuat selera makan makin bertambah.

1. Beri Irisan Daun Jeruk Nipis

nasi nipis

Untuk memberi aroma yang segar pada nasi dan membuat nasi lebih awet, masukkan beberapa irisan daun jeruk nipis atau jeruk purut dalam beras yang sudah akan ditanak jadi nasi. Beri sedikit saja, maka aroma nasi lebih enak dan fresh.

2. Masukkan Daun Pandan

Cara lain adalah memasukkan daun pandan. Ambil selembar daun pandan, cuci bersih dan potong menjadi beberapa bagian. Masukkan dalam nasi yang akan ditanak. Setelah nasi matang, ambil daun pandan dan buang. Aroma nasi jadi lebih enak seperti di restoran lalapan.

3. Perhatikan Kualitas Beras

beras

Kualitas beras sangat menentukan pulen atau tidaknya nasi yang dimasak. Jika Anda memilih beras dengan kualitas tinggi maka nasi akan menjadi pulen. Beras berkualitas tinggi biasanya berwarna putih, berbau wangi, dan berbentuk panjang.

4. Gunakan Air Secukupnya

Langkah ini sangat menentukan hasil akhir nasi yang Anda masak. Pastikan bahwa air yang Anda gunakan untuk memasak tidak kurang atau berlebihan. Cara mudah mengukur ketepatan air untuk memasak beras adalah memasukan jari telunjuk ke dalam air. Pastikan bahwa tinggi air dari permukaan beras tepat setinggi satu ruas jari telunjuk.

5. Campurkan Agar-Agar Putih

Saat memasak nasi, Anda juga bisa mencampurkan agar-agar putih dengan perbandingan 1 liter beras : 1/2 bungkus agar-agar putih. Dengan mencampurkan agar-agar maka nasi akan menjadi lebih putih dan pulen.

6. Memasak Dengan Diaronkan

nasi aron

Cara ini merupakan cara yang paling umum yang digunakan dalam memasak oleh para keluarga di Indonesia, yaitu beras setelah dicuci ditaruh kedalam panci berisi air dengan volume tertentu terserah apakah airnya itu panas atau tidak,lalu dimasak di atas api sedang agar tidak terjadi kerak pada bagian bawah,dimasak sampai air nya habis dan nasi menjadi setengah matang. Setelah itu nasi di pindahkan ke kukusan atau ke dalam langseng untuk proses selanjutnya agar nasi menjadi lebih matang dan siap untuk dimakan, cara ini memang pas untuk porsi keluarga, tetapi jika memasak dalam jumlah banyak akan sedikit agak repot, harus lebih diperhatikan ukuran api nya,agar tidak gosong bagian bawah.

7. Memasak Dengan Cara Diliwet

Hampir sama dengan dengan cara diaron, hanya saja nasi langsung matang dalam sekali proses, tidak perlu dipindah ke dalam langseng atau kukusan, cara ini juga harus extra hati-hati, pastikan beras yang kita masak tahu jenisnya, beras yang pulen cocok untuk dimasak cara liwet,dan api yang digunakan juga harus kecil.

8. Nasi ala Padang

Beras yang kita cuci kita masukan ke dalam dandang atau panci bersarang yang sebelum nya telah dipanaskan ,setelah beberapa saat atau sekitar 10 menit kita siram dengan air panas dengan level tertentu, tutup kembali. Aduk setelah sekian menit dan tunggu beberapa saat kemudian, nasi pun telah matang serta tingkat kematangannya pun bagus, aroma nasi lebih terekspos ,jika pandan wangi yang kita masak,harum pandang wangi akan menyebar, apalagi untuk membuat nasi goreng, butirannya masih terlihat sempurna.

9. Nasi ala India atau ala Arab

nasi arab

Orang Arab dan India kebanyakan menggunakan cara ini, dikarenakan beras yang dimasak adalah beras basmati.sama seperti beras yang lain pada umumnya,cuma beras ini lebih kuat dan tidak mudah lembek dimasak. Hampir mirip seperti beras pera,dan cocol digunakan untuk memasak nasi model biryani. Cara memasaknya yaitu air dimasak dalam panci hingga mendidih, setelah mendidih beras yang sudah dicuci dimasukan,lalu diaduk mirip seperti jika ingin membuat bubur tetapi tidak sampai hancur. Orang Arab biasanya senang memasukan garam dan sedikit minyak kedalam air rebusan, sedang orang India lebih senang memasukan aneka rempah,seperti kardamon, kayumanis,daun bay, cumin, karena ini cikal bakal membuat nasi biryani, setelah beberapa saat nasi hampir matang kurang lebih 90% mendekati matang , nasi kita pindahkan ke wadah yang berlubang seperti bakul (boleh apa saja yang penting bawah nya berlubang lubang,tujuan nya agar sisa air memasak keluar dan nasi tidak benyek)  lalu ditiriskan dan tutup dengan tutup yang rapat, tunggu beberapa saat dan nasi siap disantap.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *