Bahaya! Jangan Mencampur Dua Bahan Makanan Ini Jadi Satu! (Part 1)

Tahukah anda bahwa tidak semua bahan makanan aman dikonsumsi secara bersamaan. Ketika salah mencampurkan dua jenis makanan yang kurang tepat dapat mengakibatkan reaksi buruk pada tubuh kita. Kurang lebih itulah yang disampaikan Li Hongyan, ahli gizi senior dari Shanghai Tongmai Food Co.Ltd. Pada umumnya tidak ada masalah mencampur bahan makanan satu dengan lainnya. Namun diakui, ada bahan makanan tertentu yang memang tidak direkomendasikan digabung (atau dikonsumsi berdekatan) dengan bahan makanan lainnya.

Part 1: Olahan Kedelai dan Susu

  • Olahan Kedelai / Susu dengan Bayam

Olahan kedelai seperti tempe dan tahu apabila dimakan secara bersamaan akan memengaruhi penyerapan kalsium yang dapat menyebabkan sumbatan di perut. Bayam mengandung asam oksalat dan dapat bereaksi dengan kalsium dari produk kedelai di dalam usus sehingga dapat membentuk endapan tidak larut yaitu kalsium oksalat yang nantinya akan mempengaruhi penyerapan kalsium

  • Kedelai dengan Bawang Hijau

Kombinasi kedelai dan bawang hijau juga dapat mempengaruhi penyerapan kalsium. Kedelai mengandung banyak nutrisi seperti protein dan kalsium. Tapi bawang hijau mengandung banyak asam oksalat. Ketika dua bahan tersebut bertemu kalsium asam oksalat, kalsium oksalat mereka membentuk menghancurkan kalsium. Jika seseorang makan kedelai dicampur dengan bawang hijau dengan jangka waktu yang lama, maka menyebabkan kurangnya kalsium sehingga dapat menyebabkan kejang, osteomalacia dan patah tulang.

bawang ijo

  • Susu dengan Coklat

Dua bahan ini merupakan pencampuran produk yang sering ditemui, namun pada kenyataannya susu dan coklat tidak cocok. Produk susu kaya akan protein dan kalsium, coklat mengandung asam oksalat. Apabila dikonsumsi secara bersama-sama, kalsium dari susu dan asam oksalat coklat dapat menggabungkan dan membentuk kalsium oksalat yang selain tidak mudah larut dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan diare.

  • Susu dengan Pomelo

Protein yang terdapat dalam susu dapat bereaksi dengan asam yang ada pada buah pomelo. Pencampuran dua bahan ini dapat membuat perut seseorang terasa kembung. Asam ini juga dapat merangsang perut secara berlebihan dan menyebabkan diare.

pomelo

  • Minuman asam laktat (yogurt dsb) dengan Ham

Pada produk sandwich sering dimakan dan dipadukan dengan yogurt. Namun, ham dan daging dalam sandwich, ketika dimakan dengan yoghurt, bisa menyebabkan kanker. Untuk memperpanjang pelestarian produk daging, produsen menambahkan nitrat untuk mencegah pembusukan dan botulinus. Tapi ketika bertemu nitrat asam organik, itu bisa berubah menjadi nitrosamine, karsinogen.

  • Susu kedelai dengan Telur

Susu kedelai mengandung nutrisi termasuk protein nabati, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Jika diminum sangat bergizi. Namun, jika diminum bersama-sama dengan makan telur, dapat mengurangi aktivitas protease, yang membantu tubuh mencerna protein.

telur susu

  • Semangka dengan Susu atau Minuman Karbonasi.

Setelah makan semangka jangan langsung minum susu ataupun minuman berkarbonasi seperti sprite dan cola. Kombinasi tersebut dapat menyebabkan keracunan.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *