Bahaya! Jangan Mencampur Dua Bahan Makanan Ini Jadi Satu! (Part 2)

Pada bagian sebelumnya, kita sudah membahas beberapa bahan makanan yang berbahaya jika dicampur bahan makanan lain. Mari kita lihat daftar bahan makanan selanjutnya.

Part 2: Daging dan Seafood

 

1. Daging dengan cuka

Daging adalah makanan “panas”, sedangkan cuka adalah “hangat” dan seperti alkohol.Ketika keduanya bahan tersebut dimasak bersama-sama, mereka dapat meng over-aktifkan energi dan sirkulasi. Menurut Compendium of Materia Medica, sebuah buku tentang pengobatan herbal Cina, makan kambing dan cuka pada saat yang bersamaan dapat merugikan jantung.

daging 2

2. Daging dengan semangka

Semangka adalah makanan “dingin”. Ketika dimakan bersama-sama dengan daging kambing, yang bersifat “panas,” efek gizi dari daging kambing akanmenurun secara drastis. Bagi mereka yang menderita asthenia limpa, dapat membahayakan energi dan mengganggu limpa serta lambung.

3. Sapi dengan chestnut

Sapi dan chestnut sebenarnya baik untuk perut. Namun, chestnut mengandung vitamin C, yang dapat bereaksi apabila di kombinasikan dengan daging sapi dan mengurangi gizi chestnut. Kombinasi ini tidak baik untuk pencernaan dan dapat menyebabkan dispepsia.

daging 3

4. Kepiting dengan teh

Ketika makan di restoran, warung dan tempat makan lainnya beberapa orang mungkin terbiasa minum teh setelah makan kepiting.Ternyata hal itu tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Cairan lambung akan diencerkan setelah minum teh sambil makan kepiting, dan hal ini tidak hanya mengganggu asimilasi tetapi juga mengurangi kemampuan lambung untuk mensterilkan. Di sisi lain, teh memiliki asam tannic sebanyak kesemek.

5. Udang dengan vitamin C

Ketika seseorang makan udang dan memakan banyak vitamin C pada hari yang sama, ia mempunyai risiko serius. Udang mengandung senyawa yang bereaksi dengan vitamin C menjadi racun arsenik. Jadi setelah menyantap udang sebaiknya menghindari minum es jeruk ataupun minuman lainnya yang mengandung vitamin C.

6. Beberapa buah-buahan dengan makanan laut

Beberapa jenis buah, seperti buah anggur, delima atau kesemek, sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan makanan laut, karena akan menyebabkan mual, perut kembung, rasa sakit pada perut dan diare. Hal ini dikarenakan buah-buahan tersebut mengandung tannin yang jika digabungkan dengan protein dapat menghasilkan zat yang tidak larut dan tidak bisa dicerna oleh tubuh. Untuk menghindari hal ini, konsumsilah buah-buahan tersebut dengan jarak waktu sekitar 4 jam setelah mengkonsumsi makanan laut.

daging4

7. Madu dengan kepiting

Memakan madu dan kepiting secara bersamaan dapat menyebabkan keracunan. Kombinasi tersebutsalah satu kombinasi yang tidak dapat diterima oleh tubuh, karena meyebabkan racun

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *