Inilah Zat Pewarna Makanan Alami

Penampilan pada makanan merupakan suatu hal utama yang dapat menarik orang untuk menyantap. Jika kita lihat penjual dipinggir jalan biasa menjajakan dagangannya dengan warna-warna yang sangat menarik orang yang melihatnya untuk sekedar mencoba membeli. Tidak sedikit dari penjual makanan tersebut yang memakai pewarna buatan yang justru berbahaya bagi kesehatan, padahal ada banyak pewarna alami yang bisa kita manfaatkan. Mari kita lihat beberapa tumbuhan yang dapat menjadi pewarna alami.

1. Hijau:

warna 1

Berbagai sayuran dan tumbuhan hijau bisa menjadi pewarna hijau alami untuk makanan, seperti: daun sawi,daun suji, daun pandan, dan brokoli. Daun-daun tersebut mempunyai zat warna klorofil sehingga bisa memberi warna hijau pada berbagai makanan. Daun pandan selain memberi warna hijau, juga dapat membuat makanan beraroma harum. Selain itu daun pandan bersifat Tonikum yang mempu merangsang nafsu makan dan sebagai penenang.

2. Kuning:

warna 2

Kamu tentu tahu kan nasi kuning? Nah, untuk membuat nasi jadi berwarna kuning memakai kunyit (curcuma domestica). Kunyit ini juga biasa dipakai untuk memberi warna pada tahu dan bumbu Bali. Selain itu kunyit juga dapat mengawetkan makanan lho. Ada lagi beberapa sumber warna kuning, yaitu: kuning telur ayam kampung, ubi mentega, kulit jeruk lemon, vanili segar, dan wortel.

3. Coklat:

warna 3

Kita bisa mengambil dari si penghasil cokelat, yaitu buah kakao. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan gula tebu yang dipanaskan 170 derajat. Jadi kita bisa mempercantik pudding, es krim, dan kue dengan warna coklat kesukaan anak-anak.

4. Merah:

warna 4

Warna merah dapat kita dapatkan dari buah ceri, stroberi, paprika merah, tomat. Kamu juga bisa memanfaatkan cabai merah, karna selain memberi rasa pedas, cabai merah mempunyai zat kapxantin yang memberi warna merah pada makanan. Ada lagi nih, batang kayu secah basah diserut dan dikeringkan, lalu serutan itu di rebus air dan disaring.

5. Ungu:

warna 5

Untuk warna ungu kita bisa memanfaatkan talas ungu, ubi ungu, dan anggur. Selain berguna sebagai pewarna makanan, zat warna ungu pada ubi jalar mengandung zat antioksidan yang berguna sebagai penangkal radikal bebas. Jadi selain mempercantik, juga menyehatkan ya. Warna ungu sangat menarik untuk menghias cupcake, ice cream dan beragam kue lain.

6. Biru:

warna 6

Buah blueberry bisa digunakan untuk memberi warna biru pada makanan. Rasa buah blueberry ini rasanya manis dan mengandung anti oksidan, sehingga dapat membantu mengurangi serangan jantung dan timbulnya kanker. Kamu juga bisa memakai Bunga Talang untuk warna biru. Caranya, rebus bunga talang yang berwarna biru hingga layu. Setelah air menjadi biru, saring air tersebut, dan air biru dapat dimanfaatkan sebagai pewarna makanan.

Sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi untuk mempercantik tampilan makananmu. Aneka pewarna alami di atas dapat kamu gunakan tanpa perlu menambah pewarna buatan lagi. Kamu juga bisa bereksperimen mencari zat pewarna alami lain untuk menambah varian warna. Selamat mencoba dan selamat bereksperimen!

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *