Mulai Gaya Hidup Sehat Ala Vegetarian

Sampai saat ini masih banyak orang yang lebih memilih mengkonsumsi daging daripada sayuran. Hidangan dengan bahan dasar daging memang sangat menggugah selera dan membuat nafsu makan naik, dibandingkan olahan sayur yang cenderung terlihat tidak menarik dan tidak enak. Tapi sadarkah anda akan bahaya mengkonsumsi daging terlalu banyak?

Resiko mengkonsumsi daging secara berlebih memang berbeda pada tiap orang. Bagi orang yang mempunyai kecenderungan hipertensi atau kolesterol tinggi, sebaiknyamenghindari mengkonsumsi daging. Umumnya orang suka mengkonsumsi daging kambing, padahal daging kambing mempunyai tingkat kolesterol yang cukup tinggi, dan menjadi makanan nomer empat dengan kadar kolesterol tinggi. Sedangkan bagian dari kambing yang lebih berbahaya adalah otak, jeroan, dan bagian kulit.

Selain itu, mengkonsumsi daging kambing membuat ginjal bekerja ekstra untuk mencerna. Hal ini menyebabkan banyak protein yang tidak dapat dicerna dengan baik, hingga akhirnya protein tersebut mengendap di bagian-bagian vital. Maka dari itu sebaiknya orang yang menderita peyakit ginjal menghindari konsumsi daging kambing.

Nah, untuk menghindari berbagai resiko dari mengkonsumsi daging secara berlebihan, ada baiknya kita mencoba menyeimbangkan dengan menjadi vegetarian atau vegan. Menjadi vegan mempunyai banyak keuntungan, antara lain:

  1. Gairah Seksual Lebih Baik

Berbagai makanan nabati dan buah-buahan seperti almon, ubi, semangka, dan stroberi ternyata mampu meningkatkan libido dan hormon seksual. Bahkan bau badan seorang vegetarian dipercaya lebih menyenangkan dan menarik. Dan sebaliknya, terdapat penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi daging merah bisa menurunkan libido.

vegan3

  1. Menjaga Penampilan Kulit

Kandungan antioksidan dan mineral dalam sayuran dapat memperlancar sirkulasi darah dan menjaga pigmen. Antioksidan ini juga dapat menghilangkan racun dikulit sehingga kulit lebih bersinar, juga dapat menghambat keriput.

  1. Menghindari Obesitas

Makanan vegetarian mempunyai lemak tak jenuh dua kali lipat dari pada makanan daging. Selain itu berdasar penelitian dari Oford University, 38000 orang pemakan daging lebih tinggi indeks massa tubuhnya dari pada vegetarian. Selain itu, resiko kenaikan berat badan vegetarian tercatat lebih rendah 5 tahun penelitian.

  1. Mengurangi Berbagai Resiko Penyakit

Sayuran hijau mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi, sehingga mampu mengatur jumlah insulin dalam tubuh dan mengurangi resiko diabetes. Terdapat berbagai penyakit menular yang timbul dari mengkonsumsi daging, untuk itu lebih baik mengkonsumsi sayuran yang dicuci dan dimasak dengan benar. Selain itu daging juga kaya akan lemak jenuh penyebab kolesterol jahat dalam tubuh yang menyebabkan resiko penyakit jantung.

vegan 2

Nah, dengan kita terhindar dari berbagai resiko penyakit, berarti kita mempunyai harapan hidup lebih lama. Jadi tidak ada salahnya kan kalau mulai sekarang kita mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Selamat memulai hidup sehat.

 

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *