7 Kesalahan Besar Dalam Memilih Menu Sarapan!

Tahukah Anda, bahwa  kesalahan  menu sarapan justru dapat menyebabkan berat badan naik? Tentunya hal tersebut sangat mengecewakan, bukan? Untuk membantu anda membuat pilihan  menu sarapan terbaik, berikut adalah kesalahan pilihan sarapan yang menyebabkan perut buncit atau kenaikan berat badan dan cara supaya Anda dapat mengatasi hal tersebut :

  1. Sereal Gandum

Sebagian orang beranggapan bahwa pilihan terbaik dalam memilih sarapan adalah sereal gandum, tetapi apakah anda memeriksa kadar gula sereal anda? Kebanyakan sereal anda mengandung 10 gram gula atau per porsi. Jadi sebelum menuangkan semangkuk sereal pastikan anda memahami kandungan gizi yang tertera pada box sereal. Ini akan membantu anda untuk menghindari kesalahan sarapan yaitu makan terlalu banyak gula untuk sarapan. Sereal bagus untuk sarapan, tapi usahakan cari sereal yang tidak mengandung terlalu banyak gula.

sarapan 1

  1. Oatmeal Manis

Anda harus mulai berhenti tertipu oleh label yang mengatakan “sehat untuk jantung”, ketika didalam komposisinya itu mengandung pemanis buatan. Oatmeal manis merupakan salah satu kesalahan terburuk dalam memilih menu sarapan. Karena oatmeal manis sering dikemas dengan lebih dari 14 gram gula per porsinya. Solusinya adalah pilih oatmeal dengan kadar gula rendah yang banyak tersedia di toko-toko.

  1. Bagel Gandum

Bagel gandum bisa jadi menu sarapan rutin untuk pagi anda selama ini, namun apakah kelebihan karbohidrat dan protein akan baik bagi tubuh? Bagel gandum dapat dikatakan adalah makanan tanpa nilai gizi. Apabila anda memerlukan kandungan karbohidrat dan protein yang cukup, ganti sarapan anda dengan roti tawar lalu tambahkan selai kacang.

  1. Sayuran bersama Omelet Keju

Salah satu pilihan yang baik untuk sarapan anda untuk memulai hari adalah dengan asupan sejumlah protein. Studi menunjukkan hal ini akan membantu menekan nafsu makan anda sepanjang hari. Kendati demikian, jangan pernah memakan sayuran bersama dengan omelet keju. Hal tersebut akan meningkatkan kandungan sodium yang tinggi sehingga akan menambah berat badan anda.

sarapan 2

  1. Jus Jeruk

Apakah anda tahu bahwa jus lebih tinggi kalori dan gula dari buah itu sendiri? Maka dari itu, lewatkan jus jeruk, apel atau jus nanas dan makan buah yang sebenarnya. Ini akan menjadi pasangan yang baik apabila anda sarapan dengan telur serta akan memberikan lonjakan gula alami untuk mengawali hari.

  1. Buah yang ditambahkan pada Yoghurt

Apakah anda tahu bahwa buah yang ditambahkan pada yoghurt sarat dengan gula dan tinggi kalori? Anda mencoba untuk membuat pilihan sarapan yang sehat dengan memilih yogurt ini, tetapi hal tersebut justru benar-benar dapat menyebabkan kenaikan berat badan!

sarapan 3

  1. Tidak Makan dengan Cukup

Sarapan pagi haruslah menjadi makan terbanyak anda, karena itu akan menjadi waktu makan yang paling penting setiap hari. Ini adalah makanan penentu yang memengaruhi pola makan Anda selanjutnya, sehingga akan menentukan pola makan Anda sepanjang hari. Maka dari itu, ingat lah pepatah ini : “sarapan seperti seorang ratu”, “makan siang seperti seorang putri” dan “makan malam seperti pengemis”. Terapkan gaya hidup ini dalam keseharian pola makan Anda.

Semoga tips kami ini bermanfaat dan akan membantu anda untuk menghindari melakukan kesalahan dalam memilih menu sarapan. Sarapan yang tidak membuat berat badan naik tentunya akan bermanfaat bagi anda yang sedang diet maupun untuk menjalani kegiatan seharian penuh.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *