Tips Jitu Menyiapkan Hidangan Romantis

Jika kamu ingin membuat si dia makin bertekuk lutut, cobalah sesekali manjakan dengan hidangan romantis. Sebelum itu kamu harus melakukan beberapa langkah. Seperti memilih makanan yang ingin kamu masak, menyiapkan semua bahan masakan itu, dan yang tidak kalah penting mengatur berbagai hal untuk menciptakan mood yang baik di hidangan romantis kamu.

Langkah 1: Memilih Menu Makanan

  1. Cari tahu apakah pasanganmu punya alergi. Sebelum kamu menutup buku resep dan segera beranjak ke dapur, pertimbangkan alergi makanan yang mungkin dimiliki pasangan kamu. Jangan sampai kamu mencoba mengetahui alergi pasanganmu setelah mereka menikmati hidangan yang telah kamu siapkan. Buatlah daftar dari alergi makanan pasanganmu, dan cross check setiap bahan resep yang sudah kamu buat.
    Pertimbangkan juga program kesehatan yang dilakukan pasangan. Mungkin menu steak tenderloin memang sangat menggoda, tapi itu bisa merusak selera makan pasangan yang sedang dalam program vegan.
  2. Memilih hidangan yang kamu kuasai dengan baik. Ketika mempertimbangkan apa yang harus dimasak, cobalah menyertakan hidangan yang pernah kamu coba sebelumnya. Mencoba resep baru secara acak baru pada pasangan dapat mengakibatkan hancurnya mood makan (tapi bisa juga justru rasanya mengesankan). Memilih menu yang sederhana dapat mengurangi rasa stres yang mungkin timbul ketika memasak, kamu tidak harus berpaku pada buku resep untuk kesempatan istimewa. Pertimbangkan untuk membuat menu yang pernah kamu masak namun divariasi agar terlihat unik. Atau pertimbangkan menu baru tapi yang memang kamu yakin bisa membuatnya dengan baik.
  3. Tentukan berapa banyak menu yang akan kamu buat. Setelah kamu memilih hidangan utama, pertimbangkan memilih hidangan pembuka dan hidangan penutup sebagai pelengkap hidangan utama. Pertimbangkan bahan-bahan yang akan digunakan dalam hidangan utama, dan kemudian cobalah untuk membuat makanan pembuka dan makanan penutup yang cocok.Umumnya, kita terpaku pada satu jenis makanan. Cobalah untuk membuat hidangan pembuka dan penutup dari jenis yang berbeda tapi masih tetap serasi. Misalnya, ketika kamu berpikir untuk membuat fettuccine alfredo dengan ayam dan sayuran sebagai hidangan utama, mungkin kamu akan membuat hidangan pembuka dan penutup khas Italia juga. Kamu bisa mempertimbangkan hidangan pembuka dengan salad, dan makanan penutup dengan gelato Italia dan buah segar untuk pencuci mulut.
  4. Menulis menu (opsional). Yang satu ini mungkin terdengar berlebihan, tapi tidak ada salahnya kamu membuat pasanganmu merasa layaknya di restoran. Cobalah letakkan satu kreasi tulisan menu yang berisi deskripsi hidangan romantis yang sudah kamu sajikan.hidangan romantis 3
  5. Pertimbangkan untuk mencoba memasak menu yang sudah kamu tentukan. Sebelum waktu yang dinanti tiba, jika masih ada waktu pertimbangkan untuk menguji coba resep yang sudah kamu tentukan. Apalagi jika kamu belum pernah memasak menu itu sebelumnya. Sehingga kamu akan benar-benar yakin ketika hidangan romantis itu disajikan untuk sang kekasih.
  6. Hindari makanan berbau menyengat. Agar suasana romantis tetap terjaga, hindari makanan berbau menyengat seperti bawang putih berlebihan, atau ikan yang beraroma menyengat. Jangan sampai setelah menyantap hidangan, justru pasanganmu malu melanjutkan obrolan.hidangan romantis 4
  7. Pertimbangkan minuman yang serasi dengan makanan yang disajikan. Cobalah mencari tahu jenis minuman apa yang disukai oleh pasanganmu. Kamu bisa membeli minuman kemasan kemudian dituangkan ke dalam cangkir yang bagus. Tapi jangan lupa untuk tetap menjaga si dia dari alergi.

Langkah 2: Mulai Memasak Hidangan Romantis

  1. Memilih bahan-bahan berkualitas. Setelah memilih menu yang akan dimasak, sekarang saatnya belanja bahan-bahan ataupun bumbu. Bahan yang kamu pilih harus berkualitas baik dan segar. Misalnya, jika kamu berencana memasak daging sapi, pilih bagian potongan yang Jika memungkinkan, belanja dilakukan satu atau dua hari sebelumnya.
    Ingat bahwa kesegaran bahan-bahan masakan bisa memengaruhi kualitas rasa makanan kamu, sehingga selalu pilih bahan yang segar.
  2. Memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan setiap hidangan. Semua seakan harus siap pada waktu yang sama. Cobalah agar segalanya siap untuk diletakkan di atas meja sekitar lima menit sebelum waktu makan yang ditentukan tiba. Tuliskan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk setiap item yang dimasak, mulai dari yang membutuhkan waktu paling lama, hingga paling pendek. Jika ada yang perlu direbus, jangan lupa memikirkan waktu yang diperlukan merebus air hingga mendidih (biasanya sekitar 10 menit). Hal yang sama berlaku untuk memanaskan oven (ini akan tergantung pada jenis oven dan suhu yang diperlukan).
  3. Menjaga hidangan tetap segar dan hangat. Setelah ada hidangan yang selesai dimasak, letakkan di meja dan ditutup dengan baik dalam wadah. Jaga makanan yang sudah siap agar terhindar dari semut ataupun hewan lain. Jika memungkinkan, panaskan hidangan dengan api kecil.
  4. Batasi jumlah garam dalam memasak. Setiap orang memiliki selera asin yang berbeda. Jadi kamu bisa mengurangi garam untuk beberapa menu yang bisa ditambahkan garam ketika akan disantap. Asalkan jangan lupa sediakan botol garam di atas meja sehingga pasanganmu dapat memilih untuk menambahkan garam jika

Langkah 3: Menciptakan Mood Romantis

  1. Menata meja. Biasanya kamu akan melakukan ini setelah selesai atau ditengah proses memasak. Atur layout taplak meja yang bagus dan tambahkan alas piring. Cobalah untuk membuat taplak, piring, mangkok, dan garpu serasi. Jika perlu pilih warna favorit kekasih.hidangan romantis 2
  2. Nyalakan lilin. Lilin adalah sentuhan yang indah untuk meningkatkan nuansa romantis makan malam. Ini sangat cocok untuk melengkapi hidangan romantis yang telah kamu siapkan Redupkan lampu dan gunakan tempat lilin yang sesuai di sekitar ruangan dan di meja.Perlu diingat, jangan menggunakan lilin yang tidak memiliki aroma terlalu kuat. Lilin yang sangat wangi dapat mengganggu aroma masakan.
  3. Memanfaatkan hiasan bunga. Kamu juga bisa memanfaatkan taburan bunga di sekitar meja makan maupun di atas meja makan. Gunakan juga vas bunga yang diisi bunga segar untuk diletakkan di sudut yang pas. Tapi ingat untuk tidak memilih bunga yang berbau atau mengundang hewan.
  4. Alunan musik romantis. Pilih lagu yang dapat membawa mood kalian ke dalam suasana romantis. Pertimbangkan lagu yang tidak mengganggu obrolan kalian selama makan. Letakkan pemutar musik di sudut ruangan dan atur volume dengan cukup.hidangan romantis 5
  5. Membersihkan peralatan masak. Sebelum kamu memulai malam romantismu, cobalah mencuci beberapa item yang harus segera dicuci. Jangan sampai mood makanmu rusak karena terburu inginsegera membersihkan dapur. Jika tidak ada waktu, setidaknya rendam dengan air beberapa barang yang sulit dicuci.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *